Sabtu, 31 Januari 2009

Pengenalan Komputer

Komputer adalah alat atau instrument perangkat keras / hard ware yang dipakai untuk segala macam keperluan (= tergantung program yang di install ke komputer) dengan perintah digital yang telah dibuat oleh programmer.

 

Kata “computer” pada awalnya dipergunakan untuk menggambar-kan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu.

 

Disebut komputer secara umum memiliki tiga bentuk fisik utama yaitu monitor, CPU dan Key Board. Fungsi dari ketiganya juga berbeda-beda. Monitor untuk display atau untuk melihat apa yang akan kita perintahkan ke komputer dan melihat hasilnya. CPU bertugas untuk menjalankan apa yang kita perintahkan, jika perintah kita salah maka hasil pengolahan komputer juga akan salah. Key Board berfungsi untuk memberikan perintah ke komputer.

 

Perintah yang kita masukkan adalah Input dan apa yang dihasilkan oleh komputer adalah output. Untuk itu perlu adanya port input dan output yang biasa disebut “I/O port”

 

I/O port membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy).

 

Ada berbagai macam alat I/O, dari yang semua orang mayoritas mengenalnya antara lain : keyboard, monitor, disk drive, mouse, flash disk.

 

I/O lain yang hanya digunakan oleh komputer dengan alasan tertentu atau kebutuhan tambahan antara lain webcam (kamera web) berfungsi untuk komunikasi dengan kelebihan dapat saling melihat atau tatap muka jarak jauh sekarang diterapkan pada Hand Phone 3G, printer berfungsi untuk mentrasfer data atau informasi ke media cetak, scanner berfungsi untuk meng-copy sebuah media untuk dicetak atau disimpan di dalam komputer dsb.

 

Perkembangan komputer

 

Pada tahun 1940-an komputer generasi pertama mempunyai ukuran yang sangat besar, menurut sejarah computer ukurannya kurang lebih 100 meter persegi. Teknologi semakin berkembang dan lahirlah komputer digital yang kebanyakan menggunakan arsitektur Von Neumann, yang diusulkan di awal 1940-an oleh John von Neumann.

 

Pada tahun 1987 saya masih menggunakan komputer XT-8086 dengan kecepatan prosessor 4.7 Mega, 640 KB ram memory dengan hard disk berkapasitas 20 – 40 Mega. Kemudian meningkat menjadi XT-8286 dengan kecepatan 12 Mega, berikutnya berkembang AT-8286 dengan kecepatan 20 mega dengan hard disk yang belum begitu banyak perubahan. System operasinya masih menggunakan DOS dengan disket ukuran 5 inch.

 

Tahun 1990 mulai menggunakan prosessor 386 sudah menggunakan windos 3.1 kemudian 486 dan seterusnya sampai sekarang perubahan speed yang sangat drastis. Kalau waktu jaman penggunaan sistem operasi DOS, untuk pengolah kata menggunakan Word Star, untuk pengolah tabel menggunakan Lotus 123 atau Form Tool.

 

Dengan perkembangan teknologi digital dan kebutuhan pengguna komputer yang sebelumnya berfungsi sebagai pengolah informasi yang berhubungan dengan masalah aritmatika secara pesat berkembang menjadi komputer modern yang dapat dipakai untuk banyak tugas selain aritmatika. Para pengguna komputer jaman sekarang digunakan banyak hal selain pengolah data dan masalah aritmatika seperti : menggambar, melukis, merekam, menonton tv, video player, komunikasi jarak jauh dsb.

 

Teknologi komputer pada sekitar 20 tahun terakhir dikembangkan untuk peralatan lainnya seperti permainan video, telepon genggam, radio digital, jam digital, PDA, VCD player/recorder, DVD player / recorder dan masih banyak lagi perangkat lainnya hasil pengembangan komputer ini.

 

Kecepatan komputer

 

Kecepatan pengolahan komputer sangat dipengaruhi oleh speed prosessor komputer dan besarnya kapasitas memory yang dipasang pada komputer. Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Semakin besar memori yang dipasang di komputer maka kita juga lebih leluasa untuk berkerja di depan komputer. Karena kecepatan yang sudah cukup tinggi sehingga tidak sering menunggu waktu proses pengolahan oleh komputer. Tetapi kalau prosessor dan memory yang kita pasang kecil, maka kita akan manjadi bosan menunggu lamanya proses komputer yang menjadikan kita bete, kesal dsb.

 

Program komputer

 

Program komputer adalah kumpulan perintah menggunakan bahasa program sesuai aplikasi yang digunakan untuk proses oleh komputer. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Suatu Personal computer (PC) modern yang umum bisa melakukan sekitar 1-4 milyar perintah dalam sedetik yang biasa kita kenal dengan speed processor.

 

Semakin komplek data yang akan dioleh di komputer, maka diperlukan speed processor yang tinggi dan kapasitas memori yang besar. Program yang membutuhkan speed processor dan kapasitas memori yang besar antara lain yang biasa digunakan oleh video editor, entertainer, graphic design dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar